Selasa, 22 November 2011

SEA Games 2011

Euphoria rakyat Asia Tenggara sedang membuncah selama 12 hari belakangan. Semua karena sebuah pesta olahraga se-Asia Tenggara yang diadakan setiap 2 tahun sekali, SEA Games.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke XXVI tahun 2011 ini. Venue yang digunakan berada di Jakarta dan Palembang. Kota Palembang sebagai kota utama adalah venue untuk cabang olahraga akuatik, atletik, baseball, bilyar & snooker, tinju, bridge, catur, fin swimming, sepakbola, gimnastik artistik & ritmik aerobik, petanque, roller sport, sepak takraw, menembak, softball, tenis lapangan, voli, panjat tebing, ski air, angkat besi, dan gulat. Kota Jakarta sebagai penyedia fasilitas kedua digunakan untuk cabang olahraga panahan, akuatik, badminton, bola basket, bowling, kano, bersepeda, berkuda, anggar, sepakbola, futsal, golf, judo, karate, paragliding, pencak silat, dayung, berlayar, kempo, tenis meja, taekwondo, traditional boat race, vovinam, dan wushu.

Beberapa cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga mungkin belum akrab di telinga kita, tetapi nggak ada salahnya kan kita mencari info mengenai olahraga tersebut. Siapa tahu tertarik? Mungkin kamu bisa jadi atlet Indonesia selanjutnya!

panggung Balairung UI



Salah satu venue terdekat dari jangkauanku adalah Balairung UI, venue untuk cabang olahraga Anggar. Aku dan dua temanku menonton di sana. Kami menonton pertama kali pada hari Selasa, 15 November 2011. Ketika sampai di tribun dan menonton match yang sedang berlangsung, banyak pertanyaan yang terlontar di benak kami, karena kami memang belum pernah melihat dan megetahui peraturan dalam anggar. Seiring berjalannya pertandingan, kami mulai memahami peraturan dalam pertandingan ini. Hahaha, main tebak-tebakan, jadinya. Kami hanya nonton 1 jam saja, karena setelah ini ada kelas.

Kami menonton lagi untuk kedua kalinya, yaitu pada hari Kamis, 17 November 2011. Kali ini yang ikut menonton lebih banyak, tetapi sampai akhirnya hanya kami bertiga (lagi) yang tersisa. Kami menonton sampai akhir penyerahan medali. Kami kecewa tim anggar putra dan putri Indonesia kalah berlaga. Tetapi kami senang dapat melihat langsung perhelatan olahraga yang tahun ini kebetulan diadakan di Indonesia.

Tim Anggar Putri Indonesia dan Vietnam sebelum bertanding
Indonesia vs Vietnam, tim putri
suasana Balairung UI sebagai venue anggar SEA Games XXVI,
berubah wujud dari venue wisuda menjadi venue olahraga indoor
Tim Anggar Putra, Thailand dan Indonesia
Evins dengan background si ganteng dari Thailand
Point! Indonesia!
Tunggu--interupsi?
Sayang sekali Indonesia kalah... But you've given your best, guys! Jangan menyerah, masih ada dua tahun lagi!

Setelah pertandingan selesai, kami bertiga nekat turun dan masuk ke area penyerahan medali yang awalnya hanya diperbolehkan untuk VVIP. Sudahlah, sudah terakhir ini, siapa yang tahu kita teman atau wartawan. Hahahaha....

1st: Vietnam, 2nd: Indonesia, 3rd: Thailand&Philippine
In-do-ne-sia!
Vietnam -- Fencing Team dan para Referee
Lagu Kebangsaan Thailand

INDONESIA!
bersama salah satu atlet anggar Indonesia, Susanto
(seandainya bonekanya boleh dibawa pulang :P)
bertiga, aku-Evins-Fifi -- pemburu atlet hahahaha

di depan gerbang selamat datang -- lagi-lagi pose lompat!
lucu aja yang ini posenyaaaa :D siap2 mau lompat...

1 komentar:

RIsMa SMKDA mengatakan...

Wa... keren".. Indonesia pasti bisa..!!

Club Cooee