Senin, 27 Juni 2016

Tutorial Singkat menggunakan Flip

TRANSFER ANTARBANK TANPA BIAYA
Waktu awal-awal bulan puasa mau transfer via Flip, saya menyadari ada yang berbeda dari biasanya. Dan perubahan itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Flip menaikkan limit transfer per harinya dari 2 juta menjadi 5 juta rupiah! Yay!

Q: "Flip? Apa sih itu? Baru dengar..."
dari sana ke sini, dari sini ke sana~
Flip adalah suatu website yang berfungsi sebagai 'perantara' dalam transfer uang antarbank yang berbeda. Mereka belum memiliki apk sendiri, jadi harus lewat browser seperti browser bawaan HP, Chrome, Opera, dll. Jika biasanya transfer uang antarbank dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500, maka melalui Flip semua itu tidak ada. Bank yang difasilitasi Flip adalah Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BCA, Bank Muamalat, BNI, BNI Syariah, BRI, CIMB Niaga.

Q: "Hah? Serius? Bo'ong kamu ya..."


Ya mau, lah...
Dua bahkan tigarius deh. Saya bukan cuma sepuluh-dua puluh kali menggunakan jasa Flip dalam transfer uang antarbank. Sejak Flip baru beroperasi saya sudah jatuh hati sama inovasi besutan beberapa orang alumni Universitas Indonesia ini. Saya lupa dari mana saya mendapat informasi mengenai Flip pada awalnya, tapi saya tahu saja gitu :P Dan berbagai pengembangan yang baik sudah diterapkan dalam Flip sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Q: "Ya udah, aku mau coba dong! Gimana cara pakenya sih?"


Kamu, iya, kamu!
Gampang banget! Kita tinggal daftar, buat akun, dan kita langsung bisa menikmati fasilitas Flip setelah melewati semua prosedur itu.


Tampilan website Flip di perangkat laptop
Ciyaaat, Ranger Flip beraksi lawan Monster Bafer (Biaya Transfer)!
Masukkan semua yang diperlukan di sini ya...
Nama penerima sudah berwarna kuning, sudah ok!
Jika ada yang salah (misal bank asal, bank penerima) bisa klik ubah transaksi untuk menggantinya.
Jika sudah ok, silakan klik lanjut ke pengiriman.
Setelah itu ada review untuk memastikan lagi
Sebagai pengingat saja~ langsung klik 'Kirim Sekarang' yaaa
Kalau sudah sampai halaman ini, segera lakukan transfer dan jika sudah, klik 'Saya sudah transfer' di bawah itu.
Jika kalian ingin melakukannya nanti-nanti, laman ini boleh kok ditutup. Detilnya sudah diemail juga, jadi
bisa cek di email juga. Konfirmasi bisa klik 'Catatan Transaksi', pilih transaksi yang ingin kita konfirmasi,
lalu klik tombol konfirmasinya deh :)
Pilih nama bank yang kita miliki, lalu pilih bank tujuan transfer kita. Masukkan nomor rekening tujuan kita, nominal transfer, serta berita pengiriman kita. Nanti akan ada tombol verifikasi untuk memastikan nomor yang kita tuju benar nama pemiliknya. Setelah itu klik lanjutkan hingga kita tiba pada suatu laman yang menampilkan total yang harus kita transfer kepada Flip untuk diteruskan pada rekening tujuan kita, dan klik lagi.

Q: "Eeh, stop, stop! Aku melihat sesuatu yang aneh. *memicingkan mata* TUH KAN, bo'ong kamu, kok angkanya ada tambahan beberapa puluh sampai beberapa ratus rupiah? Mereka minta imbalan ya? Katamu tadi gratis??"

Tuh, angka kecil-kecil apa itu?
Eits tunggu dulu. Angka-angka kecil itu adalah sebagai pendukung verifikasi transaksi, agar tidak tertukar dengan transaksi orang lain, rekening lain. Karena pengguna Flip semakin bertambah, maka langkah ini sangat membantu tim verifikasi data. Nggak mau kan kalau uang yang kamu kirim nyasar ke tempat orang? Tenang, sejumlah angka verifikasi itu akan disimpan dalam akun Flip kita, yang nantinya bisa diambil lagi. Saat ini fungsi tersebut belum diterapkan, mungkin sedang dikembangkan.

Jika sudah konfirmasi, akan tampak transaksi kita berada di urutan keberapa~
Setelah kita mentransfer sejumlah uang sesuai yang ditampilkan Flip, jangan lupa untuk KONFIRMASI SUDAH TRANSFER agar transaksi kita dapat diproses.

Q: "Ooh, iya iya. Terus, terus, uangnya langsung nyampek gitu ke tujuan kayak transfer biasa?"
Seperti yang kita lihat di atas, ada antreannya yaaa. Karena sifatnya perantara, maka perlu ada proses. Berapa lama? Tergantung antrean. Bisa jadi urutan ke-5 atau malah ke-70. Untuk bank yang populer biasanya antrean panjang. Untuk yang tidak buru-buru Flip sangat membantu, proses transaksi akan selesai dalam 1-2 jam; sekali lagi, tergantung antrean. Kalau antrean tidak sampai 10, ya tidak sampai sejam sudah selesai. Tapi kalau lagi perlu buru-buru harus semenit sampai, ya sebaiknya gunakan transfer biasa, daripada panik kebakaran jenggot, hihihi.

Q: "Yee. Tapi iya sih, lumayan juga, aku biasanya transfer nggak harus buru-buru. Eh, tapi nanti kalau ada yang minta bukti transfer gimana?"
Flip akan mengirimkan bukti transfer saat transaksi selesai diproses kepada email yang kita daftarkan. Nah, bukti yang berupa gambar itu dapat kita download dan kita berikan/cetak jika dibutuhkan.

Q: "Oooh, gitu... Ya udah deh, aku mau transfer nih sekarang, udah jam 11 malem, udah pengen tidur! Bisa kan ya ngajuin transfer jam segini?"
Bisa aja, kok. Tapi, transaksimu baru akan diproses di jam operasionalnya Flip esok harinya. Jam operasional Flip di hari Senin-Jumat adalah pukul 09.00-19.00, di hari Sabtu pukul 09.00-14.00. Selama bulan Ramadhan, pada hari Senin-Jumat Flip beroperasi pukul 09.00-16.30. Jadi kalau kamu transfer jam 11 malam, baru akan diproses esoknya di jam operasi Flip.

Q: "Hmm, ya, ya. Eh, kok kamu mau sih ngejelasin panjang-lebar soal Flip? Kamu dibayar berapa emang sama mereka?"
Hah? Dibayar? Hahaha, nggak ada begitu-begituan kok. Aku cuma ingin menyebarkan info yang bermanfaat, siapa tahu ada yang perlu. Dan kalau semakin banyak yang pakai Flip, maka akan semakin banyak masukan bagi tim pengembang Flip, membuat Flip menjadi lebih baik. Karena aku sudah merasakan manfaatnya, jadi aku ingin orang lain juga merasakannya, itu aja.

Flip, free interbank transfer for everyone.

Ngomong-ngomong, kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung akses https://flip.id aja ya. Di sana ada laman FAQ dan juga chatroom buat langsung interaksi sama tim Flip. Sebenarnya mereka juga punya laman Tutorial sendiri kok di sini. Nanya hal teknis kayak gimana proses transfernya ke mereka aja, jangan ke saya. Saya mah apa, cuma pengamat dan penikmat Flip :P

Semoga membantu!

Tidak ada komentar: